Selasa, 12 Februari 2013

Penyebab Kopling Selip Dan Cara Mengatasinya

Apa Penyebab Kopling Selip Dan Cara Mengatasinya

Kali ini saya akan memberi sedikit informasi yang saya dapatkan dari bengkel dan teman- teman saya. Apa saja penyebab kopling slip dan apa saja yang harus butuh perbaikan, ataupun penyetelan.
Langsung saja baca dibawah ini.

PENYEBAB:
  1. Jarak main bebas handel kopling terlalu rapat.
  2. Baut- baut kopling kurang keras.
  3. Kampas kopling aus.
  4. Pelat tekan aus.
  5. Pegas- pegas kopling lemah.

  6. Pelumas terlalu encer.


PERBAIKAN
  1. Setel jarak main bebas handel kopling.
  2. Keraskan baut- baut kopling.
  3. Ganti kampas kopling.
  4. Ganti pelat tekan.
  5. Ganti pegas kopling.
  6. Ganti minyak pelumas.

Selasa, 05 Februari 2013

SISTEM PENERANGAN MOBIL

SISTEM PENERANGAN MOBIL

Sistem penerangan (lighting sistem) sangat diperlukan untuk keselamatan pengendara dimalam hari. Sistem ini dibagi menjadi dua sistem penerangan :
Penerangan luar  
  1. Lampu besar
  2. Lampu belakang
  3. Lampu rem
  4. Lampu jarak/kota
  5. Lampu tanda belok
  6. Lampu hazard
  7. Lampu plat nomor
  8. Lampu mundur
Penerangan dalam
  1. Lampu meter
  2. Lampu ruangan

Lampu Penerangan luar 
1.  Lampu besar
Sistem lampu besar merupakan lampu penerangan untuk menerangi jalan dibagian depan kendaraan. Pada umumnya lampu besar ini dilengkapi dengan lampu jauh dan lampu dekat (high beam dan low beam) dan dapat dihidupkan dari salah satu switch oleh dimmer switch.


Tipe lampu besar
Ada dua tipe lampu besar yang digunakan Pada kendaraan, yaitu :
1)  Lampu besar tipe sealed beam.
Di dalam lampu besar tipe sealed beam, penggunaan bola lampunya tidak terpisah, keseluruhan terpasang menjadi satu seperti bola lampu dan filament terpasang di depan kaca pemantul untuk menerangi kaca lensa.


2)  Lampu besar tipe semisealed beam.
Perbedaan antara semisealed beam dan sealed beam ialah pada konstruksinya, dimana pada semi sealed beam bola lampunya dapat diganti dengan mudah sehingga tidak di perlukan penggantian secara keseluruhan bila bola lampunya putus atau terbakar. Lagi pula bila menggantinya dapat langsung diganti dengan cepat. Bola lampu besar semi sealed beam tersedia dalam tipe seperti berikut:
  • Bola lampu biasa
  • Bola lampu Quartz – halogen
 Lampu besar tipe Sealeed Beam

Cara memasang pada seat mengganti bole lampu Quartz Halogen :
Bola lampu quartz halogen lebih panas dibandingkan dengan bola lampu biasa saat digunakan, umur lampu ini akan lebih pendek bila oli atau gemuk menempel pada permukaannnya. Lagi pula garam dalam keringat manusia dapat menodai kacanya (quartz). Untuk mencegah ini peganglah bagian flange bila mengganti bola lampu untuk mencegah jari-jari menyentuh quartz.
Gambar Cara memasang bola lampu

2.  Lampu jarak dan lampu belakang
Lampu kecil untuk dalam kota ini memberi isyarat adanya serta lebarnya dari sebuah kendaraan pada malam hari bagi kendaraan lainnya, baik yang ada di depan maupun di belakang. Lampu-lampu tersebut untuk yang bagian depan disebut dengan lampu jarak (clearence light) dan yang dibagian belakang disebut dengan lampu belakang (tail light).

Gambar Letak lampu jarak dan lampu belakang beserta saklarnya

3.  Lampu Rem
Lampu rem (brake light) dilengkapi pada bagian belakang kendaraan  sebagai isyarat untuk mencegah terjadinya benturan dengan kendaman d! bedakang yang mengikuti seat kendaraan mengerem.

Gambar lampu rem

4.  Lampu tanda belok (turn sighal light)
Lampu tanda belok yang dipasang di bagian ujung kendaman seperti pada fender depan, untuk memberi isyarat pada kendaraan yang ada di depan, belakang dan sisi kendaraan bahwa pengendara bermaksud untuk membelok atau pindah jalur. Lampu tanda belok mengedip secara tetap antara 60 sampai 120 kaii setiap menitnya. Lampu bisa berkedip karena dilengkapi dengan flasher, Flasher tanda belok adalah suatu alat yang menyebabkan lampu belok mengedip secara interval. Turn signal flasher bekela pada prinsip yang bervariasi. Pada umumnya menggunakan tipe semi - transistor yang kompak, ringan dan dapat diandalkan. Dalam flasher tanda belok tipe semi-transistor, bila bola lampunya putus, maka mengedipnya mulai cepat dari yang normal, dan ini merupakan tanda kepada pengemudi untuk menggantinya.

Gambar lampu tanda belok

5.  Lampu hazard (hazard warning light)
Lampu hazard digunakan untuk memberi isyarat keberadaan kendaman dari bagian depan, belakang dan kedua sisi selama berhenti atau parkir dalam keadaan darurat. Yang digunakan adalah lampu tanda belok, tapi seluruh lampu mengedip serempak.

 
Gambar Lampu Hazard

6.  Lampu plat nomor
Lampu ini menerangi plat nomor bagian belakang. Lampu plat nomor menyala bila lampu belakang menyala.

Gambar Lampu Plat Nomor

7.  Lampu mundur
Lampu mundur (back up light) dipasang pada bagian belakang kendaraan untuk memberikan penerangan tambahan untuk melihat kebelakang kendaman saat mundur di malam hari, dan memberikan isyarat untuk kendaman yang mengikutinya bahwa pengendara bermaksud untuk mundur/sedang mundur. Lampu mundur akan menyala bila Luas transmisi diposisikan mundur dengan kunci kontak ON.

Gambar Lampu Mundur

8.  Lampu kabut
Lampu kabut digunakan pada saat cuaca berkabut, jalanan berdebu atau hujan lebat.
Penggunaan lampu harus mengikuti aturan yang    berlaku yakni :
Pemasangan kedua lampu harus berjarak sama baik yang kanan dari titik tengah kendaran. Lampu kabut dihubungkan bersama-sama lampu jarak dekat (pada saklar dim). Lampu kabut.tidak dihidupkan bersama-sama dengan lampu jarak dan hanya dihidupkan bersama lampu kota. Lampu kabut boleh menggunakan lensa wama putih atau warna kuning.


Gambar Rangkaian lampu kabut

Bila lampu kabut akan diaktifkan maka saklar larnpu kepala harus pada posisi lampu jarak dekat. Saat saklar lampu basket diaktifkan, anus listrik dari saklar lampu kepala akan mengalir ke relay melalui saklar lampu kabut. Dengan aktifnya relay maka arus listrik dari baterai akan mengalir ke lampu kabut melalui sekering dan relay. 

Lampu Penerangan Dalam
1.  Lampu ruangan
Lampu ruangan (dome light) menerangi interior ruangan penumpang yang dirancang agar tidak menyilaukan pengemudi pada malam hari. Umumnya lampu ruangan (interior) letaknya dibagian tengah ruang penumpang kendaraan untuk menerangi interior dengan merata. Lampu ini disatukan dengan switchnya yang mempunyai 3 (tiga) posisi yaitu : ON, DOOR dan OFF. (untuk memberi kemudahan keluar masuk pada malam hari, lampu ruangan dapat disetel hanya menyala bila salah satu pintunya dibuka. Ini dapat dilakukan dengan menyetel switch pada posisi DOOR.

Gambar Lampu ruangan

2.   Lampu Instrumen Panel (lampu meter).
Lampu instrumen panel digunakan untuk menerangi meter-meter pada instrumen panel pada malam hari dan memungkinkan pengemudi membaca meter-meter dan gauge dengan mudah dan cepat pada saat mengemudi. Lampu instrumen panel akan menyala bila lampu belakang (tail light) menyala.
Ada beberapa model yang dilengkapi dengan lampu pengontrol rheostat yang memungkinkan pengendara mengontrol terangnya lampu-lampu pada instrumen panel.
Macam-macam bola lampu dan titik pengunci dalam mengganti bola lampu.
Tipe bola lampu bervariasi yang digunakan pada sebuah kendaraan, dapat dikiasifikasikan dalam beberapa cara. Pada modul kompetensi ini dijelaskan beberapa titik pengund pada saat mengganti bola lampu, yang dapat dikiasifikasikan berdasarkan bentuk base capnya yaitu
1)  Bola lampu model single - end 
Tipe bola lampu ini hanya mempunyai satu base cap yang juga sebagai penghubung ke massa.
Blola lampu singie - end selanjutnya diklasifikasikan ke dalam dua jenis sesuai dengan jumlah dari filament. Single filament pada bola lampu model single - end dan double filament pada bola lampu  single end.
Gambar Jenis bola lampu single - end

Bola larnpu dipasang pada socket dengan menernpatkan pin pada base cap.
Mengganti bola lampu :
tekan bola lampu kedepan socket untuk melepas pin base cap tidak mengunci pada tarikan socket, putar bola lampu tersebut dan tarik keiuar untuk melepasnya.
Memasang bola lampu:
Dalam rnemasang bola lampu yang baru urutannya adalah kebalikan dari cara melepasnya.

 Gambar Mengganti bola lampu
Pin pada bola lampu double filament single - end letaknya tidak segaris (offset) dalam pengaturan tingginya. Hal ini Untuk mencegah kesalahan posisi pernasangan lampu.
2) Bola lampu widge - base (socket gepeng).
Tipe bole lampu ini mempunyai satu filament dan filamennya berhubungan langsung dengan socket terminal.
Gambar Bola lampu wigde - base
Mengganti bola lampu:
tarik bola lampu keluar dengan menggunakan jari tangan 
Memasang bola lampu:
Dorong / tekan bola lampu pada lubang socket.
Gambar Memasang dan melepas bola lampu

3) Bola lampu dengan ujung ganda
Tipe bola lampu ini mempunyai satu filament dan dua base-cap. seperti pada gambar berikut:
Memperbaiki / mengganti bola lampu :
Tekan salah satu den terminal socket dam untuk membuka tarik keluar bola lampu tersebut.
Memasang bola lampu:
Tempatkan salah satu ujungnya ke dalarn lubang kemudian dorong / tekan yang     lainnya sehingga kedua ujung masuk pada lubangnya masing-masing.
Gambar Bola lampu dengan ujung ganda

 Gambar Cara memasang bola lampu

Pilihan Mesin Diesel Limbahan, Performa Teruji

Pilihan Mesin Diesel Limbahan, Performa Teruji

Pilihan mesin diesel di bawah ini tentunya bukan untuk sesuatu yang negatif. Namun, inovasi dan kebutuhan terhadap performa diyakini banyak peminat melakukan engine swap. Alhasil, tidak sedikit penjaja mesin limbahan yang menyediakan dapur pacu pelahap solar ini.

Pun demikian, banyak diakui pedagang mesin limbahan, kalau selain kebutuhan terhadap performa, urusan efisiensi juga banyak dijadikan alasan konsumen untuk memilih mesin diesel ini. Termasuk juga efisiensi anggaran ketimbang Anda melirik versi barunya.

Nah, bila melihat angka yang ditawarkan di bawah ini, ada dua pilihan. Pertama, hanya mesinnya saja, lalu berikutnya sudah termasuk transmisi.

Sst...jangan lupa tambahkan peredam kabin guna mereduksi getaran berlebih ya!.

Mitsubishi Pajero 4M40

Mesin berkapasitas 2.800 cc dengan konfigurasi 4 silinder dan turbo ini memiliki harga seperti tertera. Namun, bila lengkap dengan transmisi matik menjadi Rp 17,5 juta.Harga: Rp 13 juta.

Daihatsu Taft Rugger DL

Mengusung kapasitas mesin 2.800 cc, 4 silinder dengan turbo. Harga sesuai dengan yang tertera. Bila lengkap dengan transmisi matik menjadi Rp 27,5 juta.Harga: Rp 18,5 Juta.

TLC VX 1HD-T

Mesin diesel ini masih cukup tinggi harganya lantaran langka. Mengadopsi mesin berkapasitas 4.500 cc, 6 silinder dengan turbo. Harga mesin saja sesuai dengan yang tertera, tetapi bila lengkap dengan matik menjadi Rp 65 juta.Harga: Rp 47,5 juta.

Toyota Prado 1KZ

Mesin ini berkapasitas 3.000 cc, 4 silinder dengan turbo. Harga se­suai dengan yang tertera, tetapi bila lengkap dengan matik menjadi Rp 27,5 juta. Harga: Rp 20 juta.

Isuzu Bighorn 4JG2

Mesin diesel 4 silinder, 3.100 cc de­ngan turbo intercooler ini dijual Rp 22,5 juta mesin saja. Namun, bila lengkap dengan transmisi manual menjadi Rp 30 juta. Harga: Rp 22,5 juta.

Ford Everest WE

Di jajaran mobkas Ford terdapat diesel commonrail 4 silinder, 3.000 cc, dengan turbo intercooler. Harga Rp 39 juta mesin saja, bila lengkap dengan transmisi manual Rp 55 juta. Harga: Rp 39 juta.

Toyota Vios Diesel 1NZ Turbo

Mesin diesel commonrail ini berkapasitas 1.600 cc dengan 4 silinder. Harga Rp 17,5 juta lengkap dengan matik, tetapi bila mesin saja Rp 15 juta. Harga: Rp 15 juta.

Toyota Land Cruiser 15BT

Mesin diesel legendaris ini berkapasitas 3.500 cc dengan 4 silinder, plus turbo. Harga sesuai yang tertera, namun bila berikut transmisi manual kena Rp 62,5 juta. Harga: Rp 47,5 juta.

Ford Ranger WL

Mesin diesel Ford Ranger ini berkapasitas 2.500 cc dengan 4 silinder plus turbo. Harga mesin saja kena Rp 12 juta, bila lengkap dengan transmisi manual Rp 25 juta. Harga: Rp 12 juta.

Nissan Frontier ZD30

Mesin ini berkapasitas 3.000 cc dengan turbo. Harga Rp 16 juta bila Anda hanya mengambil mesin saja. Namun, bila lengkap dengan transmisi matik maka kena Rp 22,5 juta. Harga: Rp 16 juta.

Teknologi mobil terbaru bertenaga angin


www.AstroDigi.com

Boleh saja mobil bermesin hybrid mengklaim lebih irit bahan bakar dan lebih ramah lingkungan, tapi sebenarnya teknologi hybrid tak benar-benar ramah bagi bumi ini.
www.AstroDigi.com
www.AstroDigi.com
www.AstroDigi.com
Kalau mobil bermesin hybrid masih mengaktifkan mesin konvensional berbahan bakar minyak fosil yang didukung oleh baterai, tapi untuk mobil bertenaga angin yang dikembangkan sebuah perusahaan di New York, AS, ini benar-benar tak menghasilkan emisi.
www.AstroDigi.com
www.AstroDigi.com
www.AstroDigi.com

www.AstroDigi.com
www.AstroDigi.com
Mobil bergerak dengan memanfaatkan propulsi udara yang dimampatkan.
www.AstroDigi.com
Dikembangkan oleh seorang mantan insinyur di Formula Satu yang kini bekerja di European MDI Corporation, mobil angin ini sudah siap memasuki tahap pembuatan prototipe.
Setelah melakukan serangkaian kesepakatan yang diduga dilakukan bersama Tata Motors dan sejumlah produsen otomotif Jepang, MDI baru saja memberikan lisensi teknologi anyar itu kepada Zero Pollution Motors yang berbasis di New York.
Perusahaan otomotif Amerika itu akan memproduksi mobil tenaga angin dengan kapasitas enam tempat duduk.
Bahkan pabrikan mobil ini membidik pasar Amerika dengan target harga kurang dari US$ 18.000 untuk model perdana yang akan meluncur pada 2010 ini.
Menurut Technoride, Zero Pollution akan mengembangkan mobil tenaga angin yang mampu digenjot hingga kecepatan puncak 150 km/jam dengan daya jangkau sekitar 800 mil.